MENULIS MEMBUATKU NAIK KELAS DAN BERPRESTASI

Hari                             : Jumat, 15 Oktober 2021

Narasumber                 : Aam nurhasanah, S. Pd

Moderator                   : Ms. Phia

Tema                           : Menulis Membuatku Naik Kelas Dan Berprestasi


Pelatihan Belajar Menulis PGRI Pertemuan Ke- 6 Gelombang 21 &22
"Jangan pernah ragu meniru penulis lain. Setiap seniman yang tengah mengasah keterampilannya membutuhkan model. Pada akhirnya, Anda akan menemukan gaya sendiri dan menanggalkan kulit penulis yang Anda tiru". (William Zinsser)

Menulis Membuatku Naik Kelas dan Berprastasi tersenyum. judulnya selalu menggelitik bahkan cenderung antik. membuatku segera bergegas, untuk segera masuk kelas.
yuk berkenalan dengan narasumber kita hari ini.

Propil narasumber Ibu cantik Aan Nurhasanah, S. Pd. Lahir di Cipanas, tanggal 12 Agustus 1988. Menempuh masa pendidikan mulai dari  SD  Negeri Bintangresmi 02, SMP Negeri 1 Cipanas, SMA Negeri 1 Cipanas, Kuliah S1 di STKIP SETIA BUDHI Rangkasbitung, Prodi DIKSATRASIADA dan lulus tahun 2012. Saat ini, saya menjadi kepala sekolah di SMPS MATHLA UL HIDAYAH CIPANAS (SMPS MAHIDA) di Cipanas Lebak. Penulis memulai karir sebagai blogger penulis pemula, melangkah menjadi moderator, narasumber, kurator, sekarang sedang belajar menjadi editor dari naskah peserta kelas belajar menulis Omjay dan naskah teman-teman guru lainnya.  Dengan keuletan dan komitmen menulis setiap hari, penulis pernah meraih Juara 1 Lomba Blog PGRI dan Juara 10 besar HUT AISEI kategori artikel favorit. Penulis telah melahirkan 30 buku antara lain:

1. Buku antologi ”Semangat Menulis Bersama Bu Kanjeng” Juli 2020.

2. Buku Solo “Mengukir Mimpi Jadi Penulis Hebat” Agustus 2020. 

3. Buku kolaborasi Prof. Richardus Eko Indrajit judulnya “Parenting 4.0: Mengenal Pribadi dan Potensi Anak Generasi Milenial Multiple Intelligence” September 2020. 

4. Buku antologi “Kisah Inspiratif Sang Guru” Oktober 2020,

5. ”Kompilasi Artikel YPTD” November 2020, 

6. “Jejak Digital Motivator Andal” Desember 2020, 

7. “Patidusa Pujangga Wiyata” Desember 2020,

8. Buku solo kedua “Kunci Sukses Menjadi Moderator Online” Desember 2020,

9. “Kompilasi YPTD Lima” Januari 2021,  

10. “The Power of Silaturahmi in Wriring” Februari 2021,

11. Antologi kepala sekolah Wilayah Bina III SMP Kabupaten Lebak  berjudul “Jejak langkah Mengukir Prestasi” Februari 2021, 

12. Antologi puisi “Semai Sukma Ksatria” Februari 2021, 

13. Buku Solo ketiga juara 1 lomba blog tingkat nasional berjudul “Blogger Inspiratif” Maret 2021

14. Buku antologi “Haru Biru Hijrah Meraih Berkah” Maret 2021,

15. Buku antologi puisi "Makk!!! Sajak terindah untuk Ibu" April 2021

16. Buku antologi Puisi Patidusa "Rinai Rindu Sang Guru" Mei 2021

17. Buku antologi pantun "Rona Ramadan" Mei 2021

18. Buku antologi "Purwakarya Literasi" Mei 2021

19. Buku antologi puisi "Prangko Merah Muda" Juni 2021

20. Buku antologi "Membongkar Rahasia Menulis ala Guru Blogger" Juni 2021

21. Buku antologi "Writing is my passion Jilid 1" Agustus 2021

22. Buku antologi "Writing is my passion Jilid 2" Agustus 2021

23. Buku antologi "Merdeka Berpantun" Agustus 2021

24. Buku antologi Puisi Kemerdekaan Agustus 2021

25. Buku solo ke-4 "Rajin Menulis Berbuah Manis"

26. Buku antologi Tim F1 "Literasi, Solusi Saat Pandemi" terbit September 2021

27. Buku Biografi "Bait Kata Perjalanan Hidup" terbit September 2021

28. Buku Antologi Ultah YPTD 1, September 2021

29. Bangga Jadi Orang Indonesia, Oktober 2021

30. Geliat Literasi Negeriku, Oktober 2021

Penulis aktif di beberapa komunitas menulis antara lain:

1.Pengurus Kelas Belajar Menulis Gratis Omjay dan PGRI (admin, moderator, dan narasumber)

2.Cakrawala Blogger Guru Nasional(Lagerunal) sebagai admin, moderator, dan narasumber.

3.Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) sebagai admin dan moderator 4.Komunitas AISEI (Association for International-Minded School Educators Indonesia)

5.Komunitas Aksara Bermakna(KAB) Wonosobo Founder Kak Usrorun Hasanah

6. Sahabat Pena Kita (SPK) Tulungagung Founder Dr.Ngainun Naim

7.Founder WAG Pantun Bersuka Ria dan Puisi (Patidusa dan Telelet)

8.Pengurus di kelas belajar menulis Omjay dan PGRI, penulis juga aktif sebagai pengurus kelas belajar bicara atau Public Speaking For Teacher sebagai admin, narasumber, dan moderator. 

9.Anggota PP Agupena bidang literasi dan  perbukuan

10.Ikut komunitas Mesra(Menulis Bersama) Azkiya Publishing

11.Pengurus kelas WIMP PMA( WRITING IS MY PASSION, PERUSAHAAN MILIK ALLAH). Sebagai narasumber, moderator, mentor, dan admin. Foundernya Bu Kanjeng di sponsori OASE PUSTAKA. 

Prestasi yang pernah diraih:

Juara 1 Lomba Blog PGRI Maret 2021 mendapatkan hadiah uang tunai 1.500.000, vocer makan, dan printer Epson L120

Juara 10 besar artikel HUT AISEI mendapatkan Webcam Logitech C270

 

Narasumber Pertama, saya mengucapkan terima kasih banyak karena untuk kelima kalinya diberikan kesempatan oleh Om Jay untuk berbagi dengan bapak ibu. Sebelum kita mulai materi, izinkan saya meminta para peserta untuk mengisi link mentimeter sejenak yah. Apa Tujuan Anda Menulis??? Silakan jawab  sejenak ya di (https://www.menti.com/vhjxdm41zu) hasil dari perminta jawaban dari narasumber di bilang (Woww, makin banyakk jawabannya)



 

 

Malam ini, izinkan saya berbagi pengalaman saja yah, Dahulu, status saya sama  seperti Bapak Ibu di sini yaitu sebagai peserta yang belum tahu dan belum bisa menulis buku,

Saya pertama kali gabung di kelas ini, semenjak jadi peserta gelombang 8 bersama Mr. Bams, Bu Nora, Cang Ato, Pak Yulius Roma Patandean, Cak Inin, Mayor Nani, dan masih banyak lagi teman2 yang sudah sukses. Namun, harapan pupus harapan karena gagal belum bisa menulis resume dan akhirnya ditinggalkan teman-teman.

 Saya kembali memupuk kepercayaan diri, meluruskan niat dan tekad, akhirnya kembali mengulang di gelombang 12. Di sini saya berusaha fokus dan akhirnya bisa lulus menjadi alumni. Saat itu saya sukses menjadi blogger dan berhasil menerbitkan buku perdana solo dan antologi.



Buku Perdana saya adalah buku antologi. Karena saya masih awam, saya coba beranikan diri dan menulis buku antologi  atau buku yang ditulis bersama-sama dengan 42 penulis hebat di seluruh nusantara. Bahagianya saat itu nama saya ada diurutan pertama.

 Buku antologi ini saya ikuti saat narasumbernya Bu Kanjeng atau Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd. Sejak saat itu saya dekat dengan beliau’

 Sebagai syarat lulus kelas Om Jay, peserta harus menulis 20 resume dan wajib posting ke blog. Setelah naskah resumw terkumpul, segera hubungi penerbit untuk wujudkan buku solo Anda. Maka lahirlah buku solo perdana saya berjudul "Mengukir Mimpi Jadi Penulis Hebat"



Buku solo saya hasil resume

Setelah menjadi alumni, saya mengabdikan diri menjadi moderator kelas menulis maka lahirlah buku solo kedua saya berjudul "Kunci Sukses Menjadi Moderator Online"



 

Setelah itu saya mengikuti lomba blog PGRI yang diadakan selama 28 hari selama bulan Februari dan peserta wajib posting ke blog pribadi dan blog  YPTD akhirnya berbuah manis. Saya keluar menjadi pemenang Juara 1 Lomba Blog PGRI dan hasilnya menjadi buku solo ketiga saya.



 

 buku solo ke-3



Belum puas sampai di situ, saya mengikuti seleksi menulis bersama Prof Ekoji dan akhirnya tembus ke penerbit mayor PT Andi Offset Yogyakarta dan  Lahirlah buku duet kolaborasi dengan Prof. Eko



https://books.google.co.id/books/about/Parenting_4_0.html?id=5kkzEAAAQBAJ&printsec=frontcover&source=kp_read_button&hl=id&newbks=1&newbks_redir=1&redir_esc=y

 Silakan bisa dibaca dan dibeli🤭🤭 ebooksnya

 Setelah itu, saya diberi tantangan sebagai kurator buku oleh Bu Kanjeng. Saya pun mencobanya dan akhirnya ketagihan😂😂😂

 

https://aamnurhasanah12.blogspot.com/2021/08/pengalaman-seru-menjadi-kurator-buku.html

Pengalaman menerbitkan buku menyebar di medsos dan akhirnya bertemu dengan murid saya yang bernama Juminah. Ia bekerja sebagai TKI dan meminta saya untuk mengedit novelnya. Juminah 5 tahhn bekerja di Arab Saudi dan hanya mengirimkan naskah hanya melalui WA. Inilah pengalaman pertama saya menjadi seorang editor.



Novel ini menceritakan perjuangan Juminah menjadi tulang punggung keluarga, dan mengorbankan masa remajanya untuk kerja jadi TKI demi membiayai sekolah adik-adiknya sampai takdir menemukan cinta sejatinya. Novel ini  sangat menyentuh jiwa.

Setelah itu, teman-teman khususnya alumni kelas Om Jay, sering meminta saya mengedit naskah buku mereka. Berikut adalah buku yang telah saya edit.

Menjadi Editor Dadakan https://terbitkanbukugratis.id/aam-nurhasanah/09/2021/menjadi-editor-dadakan/

Dari semua perjalanan menulis hingga naik kelas, saya abadikan menjadi buku solo ke-4



Saat ini jumlah buku saya ada 30, buku solo 4, buku duet prof eko satu, 25 buku antologi.

 

https://youtube.com/shorts/-Cnq7okmwOI?feature=share

Demikian pengalaman yang dapat saya bagikan, saya kembalikan kepada ibu moderator kece kita. Silakan miss..

Rajinlah menulis hingga karyamu berbuah manis.

            Benar guru utama adalah pengalam, begitu banyak penggalaman yang dituturkan oleh narasumber a.n.Ibu Aam Nurhasanah, S. Pd, mudahan penggalaman beliau menjadi panutan dan memotivasi bagi saya untuk belajar menulis.