KULIAH PPG tgl, 19 sept 2023

 

RESUME KULIAH PPG DALAM JABATAN TAHUN 2023

Hari/tanggal     : Sslasa, 19 September 2023

Narasumber      :  Dr. Drs. I Nyoman Suaka, M.Si.

Materi               : Pengantar identifikasi masalah

MENGGUKAPKAN PERMASALAHAN YANG DI HAPAT OLEH GURU MASING-MASING.

1.      Masalah peserta didik  susah mengeluarkan pendapatnya

2.      Apa bebrapa / hampri Siswa kebanyakan diem , engan untuk mengutarakan pendapatnya /berbicara

3.      Siswa susah, sulit mengerti materi yang disampaikan. Kenapa Karena pada tahap evaluasi siswa diminta siswa hanya sedikit sekali yang bisa menyampaikan ada materi yang disampaikan kembali.

 

Masalah hp. Bagi siswa yang bermain permata dalam pembelajaran untuk ditindak lanjuti untuk

HAI  Materi atau model  bisa diselipkan pada hp

HAI  Ajari pada nyaman sekarang, undang-undang etea dlam pengunaan hp, setujuan kelas,

HAI  HP bisa menujang dalam proses belajar dengan baik.

Pertanyaan 2.

1.      Terdapat pesrta didik/Siswa ekslusi disekolah formal ?

·         Siswa ekslusi yang aktif, guru pembimbing khusus berkoordinsi dengan / atau kerjasama sekolah SLB

·         Anak yang bergebutuhan khusus harus punya nilai target  khusus juga.

·         Anak yang suka jln2,  tergolong kinektetis tugas yang diberikan khusus…

Anak yang suka sering keluar kelas cara menangani permaslahan tersebut =

Siswa tidak bisa membaca, dengan cara membuat huruf2 berwarna-warni tanpa menarik minat baca siswa.

Berbicara /siswa anak tidak mampu menyanpaikan pendapat, pada materi teks debat ada Pratik berbicara.

Soslusinya memberikan siswa berbicara menjelaskan secara bergirian, bertutur bahasa dengan santun, sopan. Mengasi rewod kepada siswa yang berani memberikan pendapat. Guru memfasilitasi supaya senang dan nyaman

Siswa menulis pendapatnya baru diungkapan, berulang-ulang

Memberikan stimulus respon (berupa nilai, hadiah)

Anak2 sering menyeringai, model membelajaran…? Menggunakan geem untuk mengatisivsi siswa ajak bermain geem, supaya merasa dibosan/moring menggunakan berbagai model pembelajaran.

Bollying verbal kepada siswa lain; bangun jiwa dan raganya bisa dilakukan dalam program P5, bisa merpak panplet di tempal di dinding kelas, kampanya, dan membuat aturan bollying dengan kesepakatan setikoldek sekolah

 

4.      Membangguna hubungan siswa

5.      Pemanfaat itc dan model pembelajaran

elaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan pada siklus 1 terdiri atas sembilan (9) langkah seperti diilustrasikan pada Gambar 1. Alur Pelaksanaan Pembelajaran PPG Dalam Jabatan Siklus 1.

  • Siklus 1 dilaksanakan selama 27 hari dari hari ke-1 sd 27, dimana 9 langkah pembelajaran dibagi ke dalam tiga MK yaitu Pendalaman Materi (hari ke-1 sd Hari ke-6), Pengembangan Perangkat Pembelajaran (hari ke-7 sd hari ke- 13), dan Praktik Pengalaman Lapangan (hari ke-14 sd hari ke-27)
  • Pada siklus ini, Saudara dapat melakukan Pengalaman Praktik Lapangan untuk perangkat pembelajaran/layanan yang telah disusun setelah lulus uji komprehensif  dengan nilai  paling rendah 70 .



https://cdn-ppg.simpkb.id/s3/daljab/PPG%202023/Grafis/siklus-1.jpeg

Gambar 1. Alur Pelaksanaan Pembelajaran PPG Dalam Jabatan Siklus 1

 

Pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan pada siklus 2 terdiri atas sembilan (9) langkah seperti diilustrasikan pada Gambar 2. Alur Pelaksanaan Pembelajaran PPG Dalam Jabatan Siklus 2. 

  • Siklus 2 ini akan dilaksanakan selama 30 hari dari hari ke-28 sd hari ke-54. Pendalaman Materi (hari ke-28 sd Hari ke-33), Pengembangan Perangkat Pembelajaran (hari ke-34 sd hari ke-40), dan Praktik Pengalaman Lapangan (hari ke-41 sd hari ke-54)
  • Siklus 2 ini akan aktif jika Saudara sudah mengirimkan hasil refleksi pembelajaran pada siklus 1
  • Pada siklus ini, Saudara dapat langsung melakukan Praktik Pembelajaran Inovatif setelah mengembangkan perangkat pembelajaran.

https://cdn-ppg.simpkb.id/s3/daljab/PPG%202023/Grafis/siklus2.jpeg

Gambar 2. Alur Pelaksanaan Pembelajaran PPG Dalam Jabatan Siklus 2